Wisata Kuliner Legenda Kertosono Nasi Campur Sate Gulai Mbah Wo

Posted by


Wisata Kuliner Legenda Kertosono Nasi Campur Sate Gulai Mbah Wo
Wisata Kuliner Legenda Kertosono 
Suka sate kambing? Suka gulai? Nah, kali ini saya  akan mengulas pengalaman wisata kuliner saya mencicipi kuliner legenda dari kertosono jawa timur, yaitu “Nasi Campur Sate Gule Mbah Wo”.
Pertama kali mendengar tentang  warung sate gulai mbah wo dari sahabat karib saya, namanya Wahyu DC anak jakarta utara, Saya pun penasaran dan mencoba mencarinya. 

Bayangan saya bakalan ada seorang kakek-kakek yang akan menyambut saya saat saya datang ke sana, namun siapa sangka, setibanya di warung tersebut terdengar suara wanita menyabut saya dengan suara lembutnya. “Sugheng rawuh mas, ngersake menopo” sapanya. Seketika saya pun terkaget bukan main. Ternyata bayangan saya seratus persen keliru. Bukan kakek-kakek yang menyambut kedatangan saya di warung tersebut melainkan seorang wanita. Yah lumayan deh buat obat ngantuk habis perjalanan dari kota solo ke kertosono hahaha.   

Warung sate gulai mbah wo kertosono ini, meskipun telah berdiri sejak tahun 40an, usianya sudah lebih dari 70 tahun. Tapi bentuk, tata ruang dan penyajiannya masih sama seperti dahulu. Saat melangkahkan kaki masuk ke warung tersebut anda akan menjumpai dua buah kursi panjang dan meja yang melingkar berbentuk L. Sang penjual duduk di ruangan dibalik meja tersebut sambil dengan ramahnya sesekali menyapa dan bersenda gurau dengan para pembeli. Tembok berwarna hijau dan hiasan botol softdrink yang menempel di dinding tersebut membuat anda kembali kedalam suasana tahun 80an.

Tanpa banyak basa-basi dan dengan gaya cool, saya pun menjawab “Pesan nasi campur sate gule nya mbak, minumnya jeruk panas”. Tampak sang wanita terlihat terpesona dan tergila-gila dengan saya #ngarepmodeon hahaha. Becanda gan, yang benar, sebelum saya pesan saya tanya dulu menu apa yang ada di situ T_T.

Si mbak penjual sate gule tersebut langsung mengiyakan pesanan saya dan dalam waktu yang relatif singkat satenya pun selesai di bakar. Saya pun asyik memperhatikan aktifitas mbak penjual sate gule di warung sate gulai mbah wo itu dalam meracik masakan yang saya pesan, unik sekali dan menurut saya, menu ini memang berbeda dan baru saya temui di sini, di warung sate gulai mbah wo kertosono.

Tak butuh waktu lama, hidanganpun selesai diracik dan siap di hidangkan. Aroma bakaran sate kambing dan aroma gulai yang sedap menyatu membuat perut saya semakin keroncongan hahaha.
“Cara makannya di aduk dulu mas!” kata sang wanita penjual sate kambing gulai mbah wo. Saya pun tersenyum manis ke arahnya (jiahahaha) dan mengambil potongan jeruk nipis lalu meneteskan airnya ke dalam mangkuk sate gule saya. Setelah itu saya aduk nasi sate gulai tersebut sesuai dengan saran sang wanita penjual sate kambing mbah wo.

Sendokan pertama pun siap saya lahap. Ketika nasi sate gule itu mendarat di lidah saya, Mmmmm... Citarasanya benar-benar unik. Gulai kambing panas yang gurih, dicampur dengan nasi dan sate kambing yang diberi saus kacang dan kecap, lalu di beri sambal serta sedikit irisan jeruk nipis benar-benar luar-biasa, rasanya benar-benar mantap. Gurih, manis, sedikit spicy namun terasa segar! Unik. Benar-benar saya nikmati tiap sendoknya yang begitu sedap hehe.  

Itulah pengalaman saya menikmati 

wisata kuliner legenda kertosono nasi campur sate gulai mbah Wo. 

Enak polll! Very recommended!
Sampai ketemu lagi di wisata kuliner berikutnya!
Salam Travellpreneur!


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




3 komentar:

  1. Wuiiiiihhhh, jadi laperrrrr. Perporsi berapa tuh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah gan, Nasi campur sate gulainya cuma Rp 10.000/porsi. Maknyus!

      Hapus
  2. dimana lokasinya? koq nulis artikel ga ada alamat lengkapnya ya?

    BalasHapus